Sleep Paralysis? Memang Benar Adanya

12 comments






Gini tadi pagi gue ngalamin suatu fenomena. Sebelum cerita, gue bakal bahas definisi Sleep Paralysis dulu. Sleep Paralysis adalah suatu keadaan dimana badan lo dalam keadaan lumpuh sementara saat tidur Sebelum ngalamin hal ini memang gue udah pernah baca di fanspage dan group facebook tentang hal ini. Gue awalnya memang ga percaya karena memang belum pernah ngalamin.

Sumber : Psichonauticus
Ceritanya jam 10 pagi, gue ngantuk. Gue putusin buat tidur. Yang gue ingat gue mimpi di suatu ruangan, tiba tiba mata gue ditutup gatau sama siapa, terus gue menjerit jerit di mimpi itu. Tiba tiba gue sadar dari mimpi. Gue bisa buka mata, mau bangkit, semua badan gue lumpuh.

Nafas gue sesak, antara nyata dan mimpi gue menjerit jerit sekuat tenaga, tapi suara gue gak bisa keluar. Semua anggota tubuh gue masih belum bisa digerakkan. Jantung berdetak kencang, tubuh serasa di terbang terbangkan.

Yang pertama kali bisa gue gerakkan itu leher, gue liat kekiri ada ibu gue lagi duduk. Mungkin ibu gue juga bingung nih anak kenapa mulut nya kebuka buka. Gue coba tenangin diri gue, setelah 5 menit, gue benar benar sadar dan bisa menggerakan semua badan gue lagi.

Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.

Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.

Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.

Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.

Di budaya Tuki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.

Di budaya Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.

Akhirnya gue percaya tentang mitos ini. Di Indonesia di jawa khususnya disebut ketindih.
Mereka percaya bawa tubuh saat itu ditahan oleh setan. Menurut teori sains, hal seperti ini terjadi karena benar benar kelelahan dan tidur telentang. Memang benar gue saat itu benar benar kelelahan dan tidur telentang. Juga karena saking ngantuknya gue lupa baca do'a.

Antara iptek dan mistis memang mempengaruhi kejadian gue ini.
Udahlah gue ga mau kejadian ini terulang kedua kali.

12 komentar:

  1. gue udh berkali-kali ngalamin gini an ,saat lo benar" kayak gitu ,maka usahakan baca Audzubillahiminasaitonnorojiiiim walaupun keadaan lo susah ,berusahalah tenang hehe

    BalasHapus
  2. kalo misalnya tubuh lo serasa kayak mau jatuh, itu apaan namanya gan?

    mantap blog nya gan! lanjut terus dah (y)

    BalasHapus
  3. saya juga sering ngalamin bro haha
    salam blogger

    BalasHapus
  4. ane juga sekali gan .. dan mungkin terjadi seumur hidup ampe gua sekarang :D

    BalasHapus
  5. Nice share gan. Tapi kalo ketindihan istri gimana dong gan? Hehehe... Just kidding... Follback blog saya yaa..

    BalasHapus
  6. Bagus kang artikelnya hehe. sukses kang.
    Banyakin lagi kang artikelnya, baru dikit tuh :D

    BalasHapus
  7. Oh jadi nama penyakitnya ini toh. Nice post

    BalasHapus
  8. wahh, makasih infonya gan!

    BalasHapus
  9. I am genuinely delighted to glance at this web site posts which carries lots of useful information, thanks for providing these data. netflix login member

    BalasHapus